MoViE

KyUbI

Thursday, April 5, 2007

SaBoTaSe AdAm AiR

Baru memasuki hari perdana di tahun 2007, bencana kembali terjadi di Indonesia. Kali ini, sebuah pesawat Boeing 737-400 milik maskapai penerbangan Adam Air dari Jakarta tujuan Manado dilaporkan hilang sejak Senin (1/1) sore. Kemungkinan besar pesawat berpenumpang 96 orang dan 6 orang kru itu jatuh di wilayah Sulawesi.

Hari Selasa (2/1) pagi, pesawat diberitakan telah ditemukan di Desa Rangoan, Kecamatan Matangnga, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Mandar. Diperoleh juga informasi, sebanyak 12 penumpang selamat dan 90 orang tewas. Informasi yang tidak jelas ini sempat dirilis oleh Komandan Lanud Hasanudin Marsekal Pertama Eddy Suyanto. Namun, setelah dicek langsung ke pegunungan Matangnga, tidak ditemukan bangkai pesawat maupun korban. Pencarian pun dilanjutkan ke tiga lokasi baru yakni Selat Makassar, Majene, dan pegunungan Rantepao Tanah Toraja.

Hingga sekarang, belum diketahui apa penyebab pasti kecelakaan ini. Sebagian besar menyebut cuaca buruk sebagai penyebab utama. Namun, saat kontak terakhir, pesawat berada di ketinggian 32.000 kaki alias berada di atas awan. Pesawat baru akan turun dari atas awan menjelang pendaratan. Pertanyaannya mengapa pesawat bisa turun secara tiba-tiba dari ketinggian aman tersebut sementara belum memasuki wilayah Sulawesi Utara?

Keganjilan ini juga disampaikan pengamat penerbangan Dudi Sudibyo dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi. Dia mengatakan, cuaca buruk bukan satu-satunya kemungkinan yang menyebabkan kecelakaan. Ada kemungkinan kerusakan mesin, persoalan mekanis, hingga sabotase. Kita tentu berharap dan berdoa pesawat Adam Air dapat segera ditemukan dan seluruh penumpangnya dalam keadaan selamat agar dapat bertemu dengan sanak keluarganya.

No comments: